Peran Alumni dalam Mengembangkan Almamater

Posted by

Pendidikan secara harfiah berarti sebuah proses panjang dalam menanamkan nilai tertentu. Secara khusus bisa diterjemahkan sebagai proses panjang dengan berbagai variabelnya sehingga menghasilkan standar kualitas lulusan yang siap terjun di dunia nyata.
Sebagai sebuah proses panjang terhadap pembentukan pribadi murid, peran setiap pihak yang terkait sangatlah diperlukan. Guru sebagai pembimbing di sekolah, orang tua sebagai pembimbing tanpa batas waktu, lingkungan sebagai tempat berinteraksi dan aktualisasi hingga alumni yang merepresentasikan almamater.
Secara tidak langsung sepak terjang alumni menggambarkan kualitas almamater. Silakan tanya secara acak salah satu sekolah di kota anda, untuk menilai kualitas akademik bisa dilihat ke mana saja alumninya melanjutkan jenjang pendidikan.
Dalam kiprah nyata jangka panjang, alumni bisa berkontribusi untuk memajukan proses pembelajaran melalui komunikasi dua arah antara almamater dengan alumni. Soliditas kerjasama almamater dengan alumni sangat berpotensi melejitkan setiap potensi yang ada. Sebagai contoh sederhana, popes darussalam gontor memiliki program pengabdian bagi alumninya. Walau hanya setahun pengabdian, tenaga pengajar di ponpes tempat mengabdi tidak pernah kekurangan pengajar. Dan dalam skala lebih luas, semakin banyak ponpes yang didirikan oleh alumni tersebut.

Alumni dan aktivitas pasca kelulusan

Hal yang sama tentu bisa diterapkan pada bidang lain dengan penyesuaian. Sebagai contoh ada seorang alumni yang telah sukses di salah satu sektor wirausaha misalnya berdagang bakso. Setiap murid yang lulus namun belum punya rencana pasca sekolah bisa diarahkan ke juragan bakso tadi. Selain ada muatan kursus entrepreneur gratis, si pemilik bakso juga bisa memperoleh karyawan.
Contoh berikutnya dalam sektor akademik. Alumni yang melanjutkan studi di pendidikan tinggi bisa berperan menjadi mentor kepada siswa aktif serta berbagi pengalaman untuk menyemangati untuk melanjutkan studi, baik yang berkaitan ilmu duniawi atau diniyyah.
Selain memberikan kesempatan magang pasca kelulusan SMA, alumni yang solid bisa membuat program kerja terstruktur untuk menjalin kerjasama dengan almamater untuk mengadakan kuliah umum seputar rencana pasca sekolah. Dengan harapan, setiap alumni baik yang melanjutkan studi atau bekerja bisa langsung menentukan rencana dan pilihan. Dan pada akhirnya bisa menekan angka pengangguran dan kriminalitas.
Beberapa contoh riil yang penulis lihat langsung adalah sebagai berikut: Purdie Candra, pendiri dan pemilik primagama, ketika merintis primagama dia tidak punya gedung sendiri dan harus numpang. Tumpangan ini tidak akan diperoleh dengan percuma kecuali telah ada kedekatan emosional sebelumnya. Dan banyak bimbingan tes yang dimotori oleh solidnya ikatan alumni, sebut saja gama88, alumni UI, nurul fikri, dan masih banyak lagi.
Contoh dibidang akademik, sma 78 dan sma 8 jakarta rasanya bisa dijadikan rujukan. Almninya solid untuk mendoktrin siswa aktif agar melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di kampus-kampus pilihan. Salah satu agenda tahunannya adalah try out seleksi calon mahasiswa baru.
Demikian, semoga tulisan pendek ini bisa memperkuat jalinan kasmamta melalui Kasmamta Foundation. Semoga berlian yang terserak bisa dikumpulkan dan melahirkan sebuah ikatan alumni yang menyemai kebaikan kepada umat. Selain berkiprah dalam bidang masing-masing, beberapa personil alumni sma mta juga berazzam untuk bisa menjalankan program beasiswa yang bisa diakses www.KasmamtaFoundation.org atau FB groups kasmamta foundation.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 4:13 PM

0 comments:

Post a Comment