Beasiswa untuk Mengatasi Kendala Pendidikan

Posted by

mujtahid nur falah
Apa sih beasiswa itu? Dan mengapa beasiswa dianggap perlu dan banyak yang menginginkannya?
Pertanyaan itu mungkin terlintas di benak kita saat pertama kali mendenganya. Nah, pembaca yang budiman, saya disini akan menjelaskan tentang beasiswa dan pentingnya beasiswa dalam proses pendidikan di sekolah.

Beasiswa adalah sejumlah dana yang diberikan oleh badan lembaga tertentu kepada sejumlah murid dengan maksud untuk memperlancar proses pendidikan di sekolah. Kebanyakan beasiswa sekarang ini ialah beasiswa yang ditujukan untuk siswa-siswi kategori tidak mampu, atau untuk kategori prestasi. Sekarang banyak beasiswa yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta, contoh Bank BRI, yang merupakan penyalur beasiswa bagi siswa atau siswi yang berprestasi dalam bidang akademik, beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah sejumlah Rp. 65.000,00/bulan. Atau contoh yang lain, BPMKS yang dikeluarkan pemerintah bagi siswa atau siswi yang bertempat tinggal di Surakarta, mulai tahun 2010, yang dipelopori oleh Bp Joko Widodo (Mantan Walikota Surakarta). Dalam program beasiswa BPMKS itu, ada tiga cabang program beasiswa untuk siswa-siswi dengan penggolongan tingkat ekonomi orang tua, yakni Program BPMKS Silver, Gold, dan Platinum. Juga program Bidik Misi oleh pemerintah yang ditujukan untuk murid-murid cerdas yang tidak mampu untuk meneruskan kuliah karena tidak mempunyai biaya untuk membayar kuliah. Dan beragam beasiswa lainnya yang membantu jalannya proses pendidikan.
Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari beasiswa. Beberapa diantara sekian banyak itu antara lain sebagai berikut :
  1. Meringankan biaya operasional sekolah. Tujuan utama beasiswa ialah untuk meringankan biaya operasional sekolah. Kita sering melihat disekitar kita banyak anak-anak yang tidak bersekolah karena orang tuanya tidak mampu membayar biaya operasional sekolah. Banyak juga murid yang diberhentikan dari sekolah lantaran orang tua tidak kuat membayar SPP.  Hal itulah yang menyebabkan kendala pendidikan di negeri ini. Anak-anak berkeliaran di jalanan, ikut geng-geng yang melanggar norma dalam masyarakat, dipaksa ngamen, dan penyimpangan-penyimpangan sosial lainnya. Nah, untuk menghindari hal-hal semacam itu, maka beasiswa penting untuk membantu orangtua siswa untuk membayar biaya sekolah
  2. Sarana motivasi bagi siswa. Motivasi penting bagi siswa untuk memacu semangat belajar. Tanpa motivasi, pelajar menjadi malas belajar dan kegiatan belajar mengajar disekolah akan terasa tidak menyenangkan. Akibatnya, siswa sering gaduh di dalam kelas, sering bikin onar, sering menjahili teman yang lain, dan hal buruk lainnya lantaran karena semangat belajar yang rendah. Maka dari itu, beasiswa perlu diberikan karena beasiswa merupakan salah satu sarana motivasi bagi siswa maupun siswi agar lebih semangat dalam belajar. Dengan adanya beasiswa, para siswa terpacu untuk berkompetisi untuk membuat prestasi.
  3. Membantu menyediakan peralatan sekolah. Sarana dan prasarana untuk mendukung program pembelajaran dan kedisiplinan di sekolah sangat dianggap penting bahkan wajib bagi para siswa untuk memilikinya. Contohnya ialah sepeda untuk murid-murid yang jauh dari sekolahan.  Masih banyak murid-murid yang harus berjalan kaki beberapa kilometer lantaran tidak ada uang untuk membeli sepeda atau untuk membayar angkutan umum, khususnya di daerah pedesaan. Adanya beasiswa ini dapat digunakan bagi siswa untuk membeli sepeda onthel demi mempermudah transportasi menuju sekolah dan menjaga kedisiplinan sebagai pelajar yang taat pada tata tertib dalam sekolah.  Contoh lainnya ialah seragam dan sepatu, tas, buku tulis, buku paket, serta alat-alat tulis. Terkadang, ada guru yang tidak perduli dan tidak menanyakan mengapa murid tersebut tidak membawa perlengkapan sekolah yang diperlukan, dan langsung memberikan sanksi terhadap siswa yang bersangkutan. Padahal, mungkin saja murid tersebut tidak mempunyai uang untuk membeli peralatan sekolah karena pendapatan orangtuanya yang minim. Maka dari itu, beasiswa penting untuk memberikan siswa dana untuk membeli perangkat sekolah yang diperlukan.
  4. Mempertahankan prestasi yang telah dicapai. Lembaga pemberi beasiswa biasanya memberikan persyaratan bagi para siswa yang mendapatkan beasiswa selama beberapa bulan. Diantara syarat tersebut ialah siswa harus mempertahankan prestasi / rangking yang telah dicapainya. Siswa harusnya khawatir kalau tidak dapat mempertahankan rangking yang telah dicapainya. Dengan begitu, maka siswa menjadi lebih giat untuk mempertahankan prestasi yang telah dicapai.
  5. Mencerahkan masa depan pendidikan. Dengan adanya beasiswa, maka murid dapat merasakan cerahnya masa depan pendidikannya. Ia tidak lagi merasakan sangat susah karena tidak dapat membayar biaya pendidikan yang pada zaman demi zaman terus melonjak naik. Tidak pula merasa malu dicemooh teman karena dipanggil terus oleh kepala sekolah lantaran belum bisa membayar  SPP. 
  6. Membiayai murid untuk sekolah lanjutan. Biasanya beasiswa ini berupa beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas. Seperti beasiswa bidik misi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Dengan adanya beasiswa bidik misi, kendala biaya universitas yang tergolong sangat mahal bisa teratasi. Sehingga siswa SMA bisa melanjutkan ke Universitas tanpa harus bersusah payah mencari pinjaman atau tidak malu lagi menerima uang dari orangtua untuk membayar SPP kuliah.
  7. Membantu biaya untuk naik haji. Pada saat sekarang ini, haji ialah ibadah yang paling terpopuler di kalangan masyarakat di belahan dunia, termasuk Indonesia. Jumlah orang yang ingin naik haji bertambah pesat setiap tahunnya dan antriannya makin bertambah panjang. Jika tidak dipersiapkan sejak dini, tentunya untuk bisa naik haji mengalami kesulitan. Nah, mumpung masih remaja, siswa dapat mempersiapkan biaya haji mulai dari sejak dini, tidak harus menunggu kerja dulu baru bisa menabung untuk Ongkos Naik Haji. Salah satunya yakni menabung dana beasiswa yang masih tersisa. Dengan mempersiapkan matang sejak dini, haji tidak usah menunggu usia lanjut baru bisa naik haji.

Kesimpulan yang dapat diambil bahwa beasiswa dapat menunjang jalannya proses pendidikan maupun sebagai tabungan bagi siswa untuk mempersiapkan masa depannya. Tanpa adanya beasiswa, kendala pendidikan akan terus berlanjut dan pemerataan pendidikan tidak akan terlaksana sebagaimana semestinya.

oleh: Mujtahid Nur Falah (peserta Beasiswa KF periode 1)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 1:23 PM

0 comments:

Post a Comment