Manfaat Beasiswa bagi Pendidikan

Posted by

Setiap manusia di dunia ini selalu ingin hidupnya beda dari orang lain, sempurna dan pasti selalu di iringi dengan kemudahan-kemudahan tanpa adanya halangan yang dapat mematahkan gelora kesemangatannya. Namun kenyataannya tidak sesuai apa yang diharapkan olehya semua itu hanya impian belaka yang tak kan pernah terwujud apabila hanya duduk diam tanpa kata dan berharap suatu keajaiban akan turun dari langit menghapirinya karena itulah manusia sadar akan suatu usaha yang harus ia lakukan untuk terus melanjutka kehidupannya, menyambung hari demi hari untuk terus mempertahankan hidupnya. Meskipun ia sadar banyak rintangan yang akan menghampirinya selam ia masih hidup dan terus hidup di dunia. Itu semua adalah alas an mengapa manusia selalu berusaha terus berusaha mencapai hasil sampai ia merasa puas.

Manusia adalah mahluk Tuhan yang paling sempurna diantara mahluk-makluk, ia diberi anugerah yang luar biasa dari Tuhan yaitu sebuah otak. Otak adalah sebuah organ yang  mempunyai tugas yang luar karena semua aktivitas diaturnya mulai dari aktivitas yang paling sederhana hingga aktivitas yang paling rumit. Otak ini digunakan manusia untuk berfikir menentukan apa yang akan harus ia kerjakan. Otak itu juga sangat menunjang proses belajar di dalam diri seseorang mungkin juga akan berdampak pada prestasi atau pendidikan seseorang tapi itu bukanlah factor utama. Pendidikan adalah sebuah upaya yang dilakukan seorang untuk mendapatkan apa yang dia mau atau tahtik atau cara yang dilakukan seseorang agar dapat mecapai seuatu yang ia cita-citakan.

Beasiswa……Mendengar kata itu mungkin sebagian  besar orang langsung tertuju pada sekolah gratis yang tentunya diperuntukan bagi para pelajar yang kurang mampu secara materi. Anggapan itu tidak sepenuhnya dapat dibenarkan. Karena  beasiswa itu adalah  sebuah kesempatan  yang diberikan bukan karna kepandaian seseorang ataupun kecerdasnya, bukan juga karna kekayaan atau kemiskinan orang tersebut. Tapi beasiswa itu di berikan kepada orang mempunyai kekuatan untuk berjuang menjemput impian mereka baik orang tersebut tergolong pandai, biasa, kaya ataupun miskin. Tentunya dengan suatu kekuatan dahsyat  dari dalam diri seseorang  yang pastinya atas kehendak Allah SWT. Mungkin orang tersebut dapat juga dikatakan sebagai seorang beruntung.
Tak dapat di pungkiri lagi Progam ini terus berkembang pesat seiring berjalannya waktu karena banyak instansi-instansi baik yang bergerak dibidang pendidikan atau non pendidikan yang menawarkan beragam beasiswa yang amat menggiurkan. Itu semua membuat para pelajar di belahan dunia jatuh cinta padanya. Keadaan ini memicu semangat para pelajar untuk terus belajar demi meraih sebuah beasiswa yang dapat memberinya kepuasan tersendiri dengan cara menggunakan kesempatan sebaik mungkin untuk mendaftarkan diri dengannya.
Salah satu keunggulan progam ini adalah bukan hanya itu progam sangat membantu meringankan beban orang-orang yang kurang mampu dalam hal materi. Seseorang yang  kurang mampu materinya dapat terus melanjutkan pendidikanya asalkan orang tersebut unggul dalam suatu bidang baik akademik ataupun non akademik. Hal itu membuat banyak  orang-orang miskin terus berusaha untuk menghilangkan sindikat  kemiskianan di dalam dirinya dengan harapan agar ia mampu meneruskan kehidupan yang lebih cerah di massa mendatang.

Mungkin banyak orang yang mengatakan beasiswa itu hanya penting bagi seorang pelajar yang kurang dalam materi sehingga ia harus tersendat dalam meneruskan pendidiknya. Sebenarnya pendapat itu tidaklah sepenuhnya benar karena tidak hanyalah pelajar yang kurang mampu saja yang pantas mendapatkannya, pelajar yang mampu pun juga sah-sah saja mendapatakannya karena beasiswa itu dapat menimbulkan efek-efek yang positif terhadap kelanjutan seorang .

Sebelum kita mengetahui manfaat beasisiwa perlu teman-teman ketahui bahwa beasiswa itu  secara garis besar ada 2 jenis yaitu:
1). Beasiswa Ekonomi. Beasiswa ini diperuntukan pada orang yang secara materi kurang dan tentunya mempunyai keahlian dibidang tertentu.

Manfaat beasiswa ekonomi bagi pelajar antara lain:
  • Seorang pelajar dapat terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi meskipun mereka kurang mampu dalam hal materi.
  • Menghilangkan sindikat  diantara masyarakat “Bahwa orang miskin itu tak boleh sekolah tinggi”
  • Dapat meningkatkan intensitas belajar yang seseorang yang cukup drastis  karena lembaga pemberi beasiswa biasanya memberikan target-target yang harus di tempuhnya.
  • Memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengubah nasib. Semisal jika dulu seseorang petani miskin  mempunyai anak yang ingin terus melanjutkan sekolahnya kejenjang yang lebih tinggi sebenarnya  orang tuanya tidak mampu membiaya. Namun, Berkat kepandaianya anak tersebut berhasil mendapatkan beasiswa lalu anak tersebut mempunyai pekerjaan dan sukses dan dapat mengubah ekonomi dikeluarganya menjadi lebih baik.
  • Meringankan beban orang tua yang membiayainya

2). Beasiswa Prestasi. Beasiswa ini diperuntukkan bagi orang yang berprestasi atau mempunyai kelebihan dibidang akademik atau non akademik.
Manfaat beasiswa prestasi antara lain:
  • Meningkatkan rasa semangat untuk  terus belajar dan mengasah keahliaannya
  • Memacu intensitas untuk belajar
  • Memberikan rasa bangga tersendiri bagi  seseorang
  • Sebagai pemacu untuk kearah yang lebih baik
  • Lebih menghargai arti sebuah  nilai materi

Maka dari itu untuk memciptakan generasi yang hebat dan tangguh dalam rangka menghadapi kerasnya dunia yang semakin hari semakin dasyat di perlukan proganm pendukung salah satunya beasiswa baik untuk orang yang sudah mampu maupun orang yang telah mampu karena selain dapat membantu diri dalam idividu secara nasional juga sangat membantu universal diantaranya:
  • Sangat membantu dalam pelaksananan pemerintahan dalam suatu negara karena pelajar merupakan generasi penerus dalam sebuah negara. Jadi baik buruknya negara itu kedepannya tergantung pada generasi pemuda apabila generasinya cerdas akan ilmu-ilmu maka dalam pemegang negaranya akan baik dan lancar dan semakin maju.
  • Manusia di takdirkan hidup berpasang-pasang maka dari itu pendidikan itu mampu mendidik buah hatinya dengan benar sehingga dapat terciptalah generasi yang cerdas dan berbudi luhur.
  • Membantu menurunkan angka kemiskinan dalam suatu negara karena para rakyatnya telah banyak mengenyam pendidikan.
  • Dapat menurunkan angka kriminalitas suatu negara karena rakyatnya telah mempunyai pendapatan yang cukup.
  • Meningkatkan pedapatan perkapita dari suatu negara.

Oleh: Fariidha (Peserta Beasiswa KF Periode 1)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 2:48 AM

0 comments:

Post a Comment