.
-------------------- السلام عليكم ورحمة الله وبركاته --------------------

3/05/2013

Beasiswa Bidikmisi untuk Para Penghafal AlQur'an

Para penghafal Al Quran (Hafiz) akan mendapat kursi beasiswa Bidikmisi dalam penerimaan mahasiswa baru di IAIN Walisongo Semarang. Adapun perguruan tinggi berbasis agama Islam tersebut tahun akademik 2013/2014 ini akan membagikan 85 beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa yang kurang mampu.

Rektor IAIN Walisongo Semarang, Prof Muhibbin Noor mengatakan, pembiayaan beasiswa Bidikmisi mulai tahun ini ditanggung oleh pihak kampus. Artinya, dana yang akan disalurkan dari DIPA IAIN Walisongo Semarang, buka dari Kementerian Agama (Kemenag) seperti tahun sebelumnya.

“Namun untuk pedoman teknis seleksi mahasiswa baru termasuk seleksi penerima Bidikmisi kami sedang menunggu petunjuk dari Kemenag,” tuturnya.

IAIN Walisongo dalam penyaluran beasiswa tersebut tidak hanya dialokasikan kepada mahasiswa yang tidak mampu saja, tetapi juga kepada para Hafiz. “Sebab otoritas dipegang oleh kampus, maka definisi prestasi tidak hanya berdasar akademik, tetapi juga memberi kesempatan kepada para Hafiz tersebut,” kata Rektor didampingi Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Dr Musahadi MAg.

Kurang lebih ada kuota 24 beasiswa bagi para Hafiz dari 85 beasiswa Bidikmisi yang disediakan IAIN Walisongo. Adapun, para calon mahasiswa itu juga dapat memilih prodi sesuai minat dan potensi mereka.

Tahun akademik 2013/2014 ini IAIN Walisongo akan menerima 2.675 mahasiswa baru dari empat jalur. Di antaranya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) jalur tulis, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru-Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) jalur tulis dan prestasi, serta Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri.

Pembantu Rektor I Bidang Akademik, Dr Musahadi MAg menjelaskan, untuk daya tampung SBMPTN yaitu 552 mahasiswa, SPMB-PTAIN jalur prestasi 1.081 mahasiswa, jalur tulis 504 mahasiswa, dan PMB jalur mandiri 538 mahasiswa.

“Bidikmisi akan disalurkan secara merata per fakultas berdasarkan daya tampung di sana, misalnya Fakultas Tarbiyah akan mendapat 29 beasiswa, Fakultas Syariah 29 beasiswa, Fakultas Dakwah 14 beasiswa, dan Fakultas Ushuludin 13 beasiswa,” jelasnya.

sumber : dakwatuna.com

0 comments:

Post a Comment

Iklan dari Google