Peran Pendidikan bagi Masa Depan

Posted by

Hey sob ,mari kita lanjutkan pembahasan selanjutnya ,kan kemarin membahas dan menelaah manfaat beasiswa bagi pendidikan untuk tema kali ini akan dibahas mengenai peran pendidikan bagi masa depan .
Soal pendidikan dewasa ini banyak kita temui kesenjangan pendidikan,mulai dari masalah internal dari siswa siswinya ataupun masalah eksternal dari sekolah. Banyak permasalahan itu muncul akibat modernisasi zaman yang membawa efek baik dan buruk. Zaman modern ini banyak sekali permasalahan di ranah pendidikan mulai dari masalah penyelengaraan pendidikan atau pun badan penyelengaranya sendiri.
Permasalahan pendidikan banyak terjadi akibat kurangnya pendidikan karakter dari pendidikan nya sendiri. Unsur kognitif menjadi acuan utama keberhasilan siswa dengan mengadakan ujian diakhir pembelajaran menjadikan siswa untuk berbuat curang dengan melukukan segala cara biar nilainya baik.Kurikulum yang berlaku tidak mengedepankan unsur akhlak sebagai acuan dalam pembelajaran sehingga banyak sekali pejabat pejabat atau dari instansi pemerintah yang melakukan tindakan yang merugikan negara.
Kaitannya pendidikan dengan degradasi moral sendiri adalah pendidikan dengan memberikan hanya kognitif ibaratnya akan menghasilkan keledai keledai manusia yang rakus akan harta. Maka perlu adanya pembuatan kurikulum baru yang mengacu kepada pendidikan karakter bangsa .Kurikulum merupakan suatu acuan dalam menentukan pendidikan di tingkat dasar,menegah dan tinggi itu semua tidak terlepas dari peran pemerintah dalam menetukan kurikulum yang tepat.Kurikulum yang terbaru yang akan diberlakukan di indonesia lebih mengacu kepada pendidikan karakter dimana nantinya akan dijadikan pelajar yang mempunyai dedikasi tinggi dan memiliki karakter yang kuat .
Miris ketika melihat fenomena sekarang dimana kasul pencabulan dan pemerkosaan terjadi dari pelajar . Pelajar akan melakukan seperti itu karena kurangnya pengawasan dari gurunya sendiri,dan keprofesionalan seorang guru juga menetukan kualitas murid yang di ajarnya. Keprofesinalan seorang guru tidak telepas dari bagaimana sikap terhadap siswanya sendiri. Guru yang sering disingkat dari bahasa jawa yaitu digugu lan ditiru ini juga harus mampu memberikan teladan baik didalam dan luar sekolah.
Guru memberikan peranan penting dalam memeajukan kependidikan sebagai dasar untuk kemajuan bangsa karena guru merupakan sosok yang sangat berperan didalam pendidikan. Banyak sekali contoh yang guru yang memberikan contoh negatif kepada siswa nya dengan mngajari siswanya untuk berbuat curang dalam ujian. Misalnya ketika ujian nasional sering ada berita bahwa soal yang diberikan telah tersebar sebelumnya atau bocor. Permasalahan pendidikan di indonesia memang pelik perlu waktu yang cukup lama untuk mengubah permasalahan pendidikan di indonesia dapat terselesaikan.
Sekali lagi peran pendidikan karakter yang kurang merupakan faktor utama penyebab rusaknya pendidikan di indonesia .kasus kasus kriminal yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang pelajar banyak terjadi sekarang ini ,misalnya kasus tawuran yang banyak terjadi di kota kota besar, pencabulan, sex bebas dan lainya. Itu semua seharusnya menjadikan sorotan utama untuk pemerintah karena berkaitan dengan generasi penerus bangsa.
Masa depan bangsa sangat ditentukan dari generasi penerus bangsa jika penerus bangsanya baik maka baik pula bangsa itu ,tetapi jika penerus bangsanya sudah jelek maka apa jadinya bangsa itu. Tak asing jika mendengar negara negara adidaya yang sangat memberikan perhatian bagi generasi penerus bangsa . misalnya saja jepang yang memberikan kemampuan kempuan ketika berada disekolah, permasalah pendidikan di jepang juga banyak terjadi karena kurangnya pemberian pendidikan karakter ,maka dijepang sendiri tingkat bunuh diri menjadi yang paling banyak di dunia.
Kalau bicara tentang karakter tidak akan terlepas dari agama yang menjadi sebuah pedoman hidup seseorang.Sering sekali pondok pesantren yang basisnya di bidang keagamaan dipandang sebelah mata karena akan menjadikan nakal seorang anak, tetapi disisi lain banyak pondok pesantren yang memberikan pelajaran tentang karakter dan kegamaan . misalnya pondok modern gontor yang memberikan pendidikan karakter yang banyak dan mencontoh masyarakat madani yang kehidupannya sangat teratur .
Masyarakat madani atau masyarakat yang di idamkan bisa ada jika sistem pendidikan di indonesia lebih mengdepankan pendidikan karakter . karena pentingnya karakter ini tidak terlepas dari peran orang tua di rumah yang memberikan pengajaran secara informal d. Siswa yang terlahir dari keluarga yang ekstrim akan menghasilkan siswa yang ekstrim juga,tapi jika siswa terlahir dari lingkungan keluarga yang bagus  akan bagus pula anak itu. Maka peranan penting orang tua juga sangat menetukan keberhasilan pendidikan yang akan menjadikan masa depan yang cerah bagi bangsa indonesia sendiri .
Kesimpulanya masa depan bangsa sangat ditentukan oleh guru, sistem pendidikan dan orang tua yang memberikan pendidikan secara informal. Pada hakikatnya belajar merupakan suatu proses tingkah laku yang dibatasi oleh faktor pengalaman. Jadi belajar akan berhasil jika pembelajaran yang ada baik dan dapat mengubah perilaku siswa menjadi lebih baik.
Oleh: Muhammad Fadhil (peserta Beasiswa KF periode 1)


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 6:39 PM

0 comments:

Post a Comment